Friday 25 October 2013

Penyelidikan Jantung Katak (part 1)



I.I Jantung Pada Manusia
Jantung adalah sebuah organ penting yang berfungsi sebagai pompa yang memiliki empat bilik. Dua bilik yang terletak di atas disebut Atrium, dan dua yang lainnya di bawah disebut dengan Ventrikel. Jantung juga dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu
Atrium kiri, atrium  kanan, ventrikel kiri, ventrikel kanan.
               Atrium kiri dan atrium kanan membuat tekanan rendah
       Fungsi : Atrium kanan menerima darah dari vena kava superior dan inverior, atrium kiri menerima darah dari vena pulmonalis.
               Vetrikel kiri dan kanan membuat kekuatan utama pompa jantung.
       Fungsi : Ventrikel kanan menerima darah dari atrium kanan dan memompakannya ke arteri pulmonalis, ventrikel kiri menerima darah dari atrium kiri dan memompakan darah ke aorta.
 Atrium dan ventrikel ini masing-masing akan dipisahkan oleh sebuah katup, sedangkan sisi kanan dan kiri jantung akan dipisahkan oleh sebuah sekat yang dinamakan dengan septum. Jantung terletak dalam mediastinum di rongga dada, yaitu di antara kedua paru-paru.

I.II Katub dalam jantung ada 2 macam :
1.    Katub Atrioventrikularis
Berada pada pertemuan antara atrium dan ventrikel, berfungsi untuk mencegah berbaliknya aliran darah ke atrium saat ventrikel berkontraksi. Dibagi menjadi 2, yaitu katub trikuspidalis yang terletak pada antrioventrikularis kanan dan katub bikuspidalais / katub mitral yang terletak pada katub antrioventrikularis kiri.
2.    Katub Semilunaris
Berfungsi untuk mencegah berbaliknya aliran darah dari luar jantung masuk kembali ke ventrikel. Dibagi menjadi 2, yaitu katub aorta semilunaris yang barada pada ventrikel kiri dan katub pulmonari semilunaris yang berada pada ventrikel kanan.
I.III Lapisan jantung terdiri dari :
               Perikardium : Lapisan luar jantung yang melindungi lapisan dalam dan organ dalam jantung
               Myokardium : Bagian tengah otot jantung, yang terdapat  diseluruh atrium dan ventrikel. Gunanya adalah kontraksi jantung.
               Endokardium :Berhubungan dengan pembuluh darah termasuk struktur intrakardiak (otot-otot parilarry dan katup).
I.IV Sistem kerja jantung adalah :
               OTOMATICITY = Jantung dipersarafi oleh saraf otonom simpatis dan parasimpatis.Sistem saraf automatis à simpatis untuk meningkatkan heart rate, parasimpatis untuk menurunkan heart rate
               CONDUCTIVITY = Sinoatrial node (SA-Node)  merupakan pace maker jantung alami, memberikan automatik/intrinsik rate jantung.Atrioventrikular node (AV-node).Bundle of his dan serabut purkinye.
               CONTRACTILITY  = Bekerja dengan melakukan kompresi dengan bantuan otot-otot jantung.Adanya proses kompresi akan menghasilkan daya pompa jantung untuk mengalirkan darah
I.V Sistem Sirkulasi Jantung Manusia :
1.     Sirkulasi Pulmonari (peredaran darah kecil)
Jalur untuk menuju dan meninggalkan paru – paru. Sisi kanan jantung menerima darah dari tubuh dan mengalirkannya ke paru – paru untuk pertukaran darah. Darah yang mengandung banyak oksigen kembali ke sisi jantung. Berikut ini adalah sirkulasi darah yang melewat jantung : atrium kanan – katub trikuspidalis – ventrikel kanan – katub semilunaris – trunks pulmonari – arteri pulmonari kanan dan kiri – kapiler paru – vena pulmonari – atrium kiri.
2.  Sirkulasi sistemik (peredaran darah besar)
Jalur untuk menuju dan meninggalkan bagian tubuh. Sisi kiri jantung menerima darah yang mengandung darah yang mengandung banyak oksigen dari paru – paru dan mengalirkannya ke seluruh tubuh. Berikut sirkulasi ketika melewati jantung : atrium kiri – katup bikuspidalis – ventrikel kiri – katup semilunaris – trunks aorta – regia dan organ tubuh (otot, ginjal, otak)
3.  Sirkulasi koroner
Jalur untuk mensuplai makanan untuk jantung. Arteri koroner kanan dan kiri merupakan cabang aorta tepat di atas katup  semilunaris aorta. Arteri ini terletak di siklus koroner.
I.VI Anatomi dan Fisiologi Jantung Katak.
Jantung pada manusia berbeda dengan jantung pada katak yaitu jantung katak terdiri dari 2 atrium dan satu ventrikel sedangkan pada manusia memiliki 2 ventrikel dan 2 atrium. Pada katak :
·        Atrium kiri menerima oksigen dari paru-paru
·        Atrium kanan menerima darah dari system sirkulasi.
Kontraksi otot  jantung terjadi karena adanya rangsangan yang diterima oleh saraf. Serabut saraf mencapai setiap saraf otot. Saraf otot berkontraksi karena adanya aksi potensial yang ditimbulkan oleh adanya pertambahan neuron hormon yang dikeluarkan oleh otot dan plate bila rangsangan dan akan mencapai nilai-nilai maximal. Karena serat otot itu tunduk pada hokum All or one yang bermakna sekali berkontraksi atau tidak sama sekali.
I.VII Jantung katak terdiri dari:
1. Sebuah bilik yang berdinding tebal dan letaknya disebelah posterior 
2. Dua buah serambi , yakni serambi kanan (atrium dekster) dan serambi kiri (atriumsinister)
3. Sinus venosus yang berbentuk segitiga dan terletak disebelah dorsal dari jantung
4. Trunkus arteriosus berupa pembuluh bulat yang keluar dari bagian dasar anterior  bilik.

I.VIII Sistem Peredaran Darah Katak 
Sistem peredaran darah katak berupa system peredaran darah tertutup dan peredaran darah ganda.
·        Pada system peredaran darah ganda, darah melalui jantung dua kali dalam satu kali peredaran.
ü   Pertama: darah dari jantung menuju ke paru-parukemudian kembali ke jantung.
ü   Kedua: darah dari seluruh tubuh menuju ke jantung dandiedarkan kembali ke seluruh tubuh.

Di antara atrium dan ventrikel terdapat klep yang mencegah agar darah di ventrikel tidak mengalir kembali ke atrium.
·        Peredaran darah kecil : Darah yang miskin oksigen dari berbagai jaringan dan organ-organ tubuh mengalir ke sinus venosus menuju atrium kanan.
ü      Darah dari atrium kanan mengalir keventrikel, kemudian menuju ke arteri pulmonalis dan masuk ke paru-paru.
ü      Di paru-paru,karbon dioksida dilepaskan dan oksigen diikat. Dari paru-paru darah mengalir ke vena pulmonalis, kemudian menuju atrium kiri. selanjuntnya, dari atrium kiri darah mengalir ke ventrikel.
ü      Didalam ventrikel terjadi pencampuran darah yang mengandung oksigen dengan darah yang mengandung karbon dioksida, meskipun dalam jumlah yang sedikit. Dariventrikel, darah keluar melalui traktus arteriosus (batang nadi) ke aorta yang bercabang ke kiri dan ke kanan. Masing-masing aorta ini bercabang-cabang menjadi tiga arteri pokok, yaitu arterior (karotis) mengalirkan darah ke kepala dan ke otak, lengkung aorta mengalirkan darah ke jaringan internal dan alat dalam tubuh, dan arteri posterior mengalirkan darah ke kulit dan paru-paru.
·        Selain memiliki sitem peredaran darah, katak juga memilki sistem peredaran limfe. System peredaran limfe berperdan penting dalam pengambilan cairan tubuh ke dalam peredaran darah.

I.IX Jantung katak terdiri dari tiga lapisan :
1.Epikardium : Merupakan lapisan jantung sebelah luar yang merupakan selaput pembungkus terdiri dari dua lapisan yaitu lapisan parietal dan visceral yang bertemu dipangkal jantung membentuk kantung jantung.
2.Miokardium : Merupakan lapisan inti dari jantung yang terdiri dari otot-otot jantung, otot jantung ini membentuk bundalan-bundalan otot yaitu :
         i.      Bundalan otot atria, yang terdapat di bagian kiri/kanan dan basiskordis yang membentuk serambi atau aurikula kordis.
       ii.      Bundalan otot ventrikel, yang membentuk bilik jantung, dimulai dari cicin atrioventrikular sampai di apeks jantung.
      iii.      Bundalan otot atrioventrikuler merupakan dinding pemisah antaraserambi dan bilik jantung
3. Endokardium : Merupakan lapisan jantung yang terdapat di sebelah dalam yang terdiri dari jaringan endotel atau selaput lendir yang melapisi permukaan rongga jantung.
I.X Hal – hal yang dapat mempengaruhi kerja jantung katak :
a. Obat-obatan
1.      Adrenalin : Bertujuan menaikkan gula darah dan tekanan darah (reptils, birds,and mammals)
2.       Pilocarpin : Tujuan utamanya adalah untuk menurunkan denyut  jantung
3.      Sulfat atropin : Berfungsi untuk menurunkan frekuensi nadi dan tensi.
b. Blok Jantung
·        Blok parsial : Atrium berdenyut dengan normal, tetapi frekuensi hantaran melalui nodus A-V melambat, ventrikel hanya berkontraksi satu kali setelah kontraksi atrium yang kedua, ketiga atau keempat
·        Blok total : hantaran dari nodus atau berkas sangat melambat, atrium berdenyut dengan normal, tetapi ventrikel berdenyut secara independen sekitar 20 sampai 40 kali per menit.
c. Suhu
Peningkatan suhu menyebabkan peningkatan frekuensi jantung yang besar, dan penurunan suhu sangat mengurangi frekuensi. Efek ini mungkin sebagai akibat peningkatan permebialitas membran otot terhadap berbagai ion, mengakibatkan percepatan “sel-exci-tation”.
   Kekuatan kontraksi jantung dapat di ubah secara temporer dengan peningkatan suhu moderat, tetapi peningkatan suhu yang lama melelahkan jantung dan menyebabkan kelemahan.
d. Otomatisasi Jantung
Jantung mempunyai otot yang mempunyai sifat otomatisasi artinya dapat membentuk pusat denyut jantung sendiri. Pusat utama denyut jantung ini disebut Simpul Atrial Nodus (SA Node), yang terletak di atrium kiri Jantung. pusat denyut jantung ini akan mengeluarkan impuls atau denyut kemudian denyut ini mengeluarkan arus listrik yang selanjutnya arus lisrik ini diteruskan kesetiap sel otot jantung sehingga jantung dapat berdenyut secara otomatis secara terus menerus, dan sehingga darah dapat dipompa  keseluruh tubuh setiap saat tanpa henti. Setiap kali berdenyut jantung akan memompa darah sekitar 70 cc darah, satu menit sekitar 500cc darah yang dipompa, satu jam 30.000cc darah, 24 jam sekitar 720.000cc darah atau sama dengan 7000 liter, sama dengan 1 tangki bensin yang diangkat atau dipompa oleh jantung dalam satu hari.

No comments: